Langsung ke konten utama

Analisis Berita Feature



Feature adalah sebuah karya jurnalistik yang tidak harus selalu mengikuti rumus 5W+1H.  Tulisan feature lebih bersifat menghibur dan isinya lebih ringan daripada jenis straight news. Menulis feature juga tidak terikat dengan aktualitas dan timeliness sehingga lebih santai dan bisa membicarakan apa saja. Penulisan feature sendiri hendaknya membawa gaya bertutur, deskriptif, sedemikian rupa sehingga susunan kalimatnya menggambarkan profil atau peristiwa tertentu. Sehingga feature ini lebih sering dikatakan sebagai berita kisah atau berita cerita.

Contoh berita feature dapat dilihat di: http://bit.ly/2qizRCb

Dari feature tersebut dapat dilakukan analisis yang menghasilkan:

Pertama, feature dengan judul “Perjuangan Indah Mencari Darah untuk Penyambung Hidup” ini termasuk dalam feature human interest sesuai dengan apa yang dipaparkan oleh Wolseley dan Campbell. Feature ini mengangkat kisah perjuangan penderita thalasemia yang menyentuh simpati pembaca.

Kedua, analisis rumus 5W+1H. Dimulai dari what, dalam feature ini tentu saja mengangkat perjuangan Indah, penderita thalasemia, dalam mempertahankan kehidupannya. Selain membahas Indah, dalam feature ini aspek who juga diisi oleh komunitas sosial Darah untuk Aceh (DUA) yang membantu Indah dalam memperjuangkan kehidupannya. Kemudian when, tertulis jelas di dalam feature tersebut Senin, 24 April 2017. Sedangkan untuk where juga tersurat jelas di Banda Aceh. Penyakit thalasemia yang diderita oleh Indah bisa menjadi alasan atau aspek why dalam berita feature tersebut. dan yang terakhir, how. Perjuangan Indah dalam melawan penyakit thalasemia awalnya mengalami masa sulit karena kesulitan mendapat transfusi darah sebelum akhirnya dibantu oleh komunitas DUA.

Ketiga, feature ini dibuka dengan pernyataan penulis yang terlihat jelas di kalimat “Gadis itu tampak anggun dengan busana ungu bercorak hati merah muda dipadu rok dan jilbab hitam. Diapit dua orang lain di kiri dan kanannya, ia lebih banyak diam. Beberapa pertanyaan yang diajukan modetaror dijawab seadanya.”

Demikian analisis berita feature dengan judul “Perjuangan Indah Mencari Darah untuk Penyambung Hidup”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

News Value dalam Berita

Dalam menulis sebuah berita, tentu saja ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar menghasilkan berita yang berkualitas dan layak untuk dipublikasikan. Beberapa hal tersebut diklasifikasikan menjadi news value . Lalu, apa yang dimaksud dengan news value ? News value atau nilai berita dapat dikatakan sebagai klasifikasi atau kriteria untuk menilai apakah berita tersebut layak untuk diliput. Ada beberapa kriteria yang dapat dikatakan sebagai news value, yaitu: Significance (kepentingan) Timelines (aktual) Proximity (kedekatan) Magnitude (besarnya) Prominence (terkemuka) Conflict (konflik) Human interest Dari penjelasan singkat di atas, dapat kita terapkan untuk berita di bawah ini. Kemudian kita ulas dua dari tujuh news value yang ada di dalam berita tersebut. Dari ulasan tersebut kemudian kita dapat tahu apakah berita tersebut memiliki kualitas yang baik dan layak untuk diterbitkan. Berikut adalah contoh berita dan ulasan news value -nya. Cegah TK...

Kode Etik Praktisi Public Relations Pada Kasus Demonstrasi Perusahaan Blue Bird

Demo supir taksi di Jakarta yang berlangsung pada tanggal 22 Maret 2016 menjadi potret buruk bagi dunia kehumasan di Indonesia.  Reputasi taksi berlogo burung biru yang dibangun generasi ke generasi ini runtuh hanya dalam hitungan beberapa jam sejak demo di mulai. Di tahun tahun kejayaannya masyarakat hanya percaya Blue Bird . Meskipun harga yang dipatok lebih mahal ketimbang merek taksi lainnya, namun mempertimbangkan pelayanan supir, kejujuran, dan keamanan, membuat orang tidak melirik taksi lain. Viral yang beredar di media massa juga turut mendukung reputasi perusahaan taksi yang didirikan pada 1972 ini. Mulai dari barang tertinggal yang dikembalikan oleh penggunanya, sampai kepada argo yang selalu sesuai dan nyaris tidak pernah terdengar terjadi pengalaman buruk dari konsumen. Sejatinya tugas Humas  menurut IPRA ( International Public Relations Assosiation )  adalah bagaimana berkomunikasi antara organisasi dengan publik melalui media yang bertu...